digital marketing


Pentingnya Manfaat Digital Marketing untuk Perkembangan Bisnismu

Di era global ini, manfaat digital marketing bagi perkembangan bisnis menjadi kompetitif di pasar yang lebih luas. Menguasai digital marketing saat ini tidak hanya sekedar mengikuti tren yang ada saat ini saja, manfaatnya sudah terbukti di berbagai jenis bisnis, mulai dari yang baru berdiri hingga yang sudah populer. Pemasaran digital dapat dengan mudah membuat bisnis manufaktur rumahan menjadi lebih populer, sehingga mendorong tren berbisnis dari rumah.


Dalam laporan Think with Google (2019), penelusuran untuk “tempat membeli” dan “dekat saya” meningkat sebesar 200% hanya dalam dua tahun. Kesimpulan tersebut diambil dari perbandingan data Google AS periode April 2016-2017 dan April 2018-2019.


Tidak hanya itu, banyak perusahaan yang menyadari bahwa pencarian di situsnya berkontribusi signifikan terhadap penjualan. Dalam laporan Brightedge Research (2019), Penelusuran Organik Meningkatkan Kemampuan Memetakan Niat Konsumen, penelusuran online organik berkontribusi hingga 53,3% dari lalu lintas pengunjung dan meningkatkan keuntungan perusahaan.


Data di atas jelas menunjukkan betapa pentingnya pemasaran digital dalam dunia bisnis saat ini. Apapun jenis bisnisnya, berikut beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan strategi digital marketing. Berikut ulasan mengenai manfaat digital marketing bagi bisnis Anda!


Berikut manfaat digital marketing untuk bisnis


Manfaat digital marketing untuk bisnis bisa sangat bermanfaat untuk mengembangkan bisnis Anda agar dapat bersaing di pasar yang lebih luas. Berikut beberapa manfaat pemasaran digital.


1. Memulai bisnis dengan biaya rendah


Jika Anda ingin memulai bisnis secara tradisional, ada beberapa hal yang harus Anda pikirkan. Selain bangunan dan perlengkapan, Anda juga harus menyiapkan berbagai metode promosi fisik. Papan tanda toko, spanduk, tumpukan brosur, dan poster dapat menghabiskan banyak uang untuk dipromosikan. Ini belum termasuk biaya upaya promosi melalui media seperti surat kabar dan majalah. Hal-hal tersebut seringkali membuat para calon pengusaha selalu mengambil langkah mundur sebelum memulai bisnisnya.


Untuk mempromosikan produk dan jasa, pemasaran digital sangat membantu dalam menghemat biaya dalam hal intensitas dan luasnya pemasaran. Anda juga dapat membuat akun media sosial atau blog gratis untuk mempromosikan bisnis Anda. Anda tidak perlu membeli barang dengan modal dan Anda bisa memulainya sebagai distributor. Biaya beriklan melalui media sosial populer seperti Facebook dan Instagram juga bisa disesuaikan dengan budget Anda. Modal pemasaran bisa jauh lebih kecil dibandingkan memulai dengan cara tradisional.


Hanya bermodalkan koneksi internet dan ponsel atau laptop, Anda sudah bisa melakukan pemasaran online. Memulai bisnis menjadi lebih hemat tanpa mengurangi kekuatan jangkauan pemasaran Anda.


2. Sangat mudah menjangkau banyak calon konsumen


Semakin luas promosi Anda, semakin banyak pula calon konsumen yang bisa Anda tarik. Mendistribusikan brosur atau memasang papan tanda hanya akan menarik minat orang yang melihat atau menerimanya secara langsung. Pemasaran digital memberi Anda akses ke pasar yang lebih luas untuk memasarkan produk Anda secara efisien.


Ponsel dan akun media sosial hampir tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Dengan pemasaran digital, Anda bisa langsung menjangkau ratusan bahkan ribuan orang dalam sehari. Dengan satu postingan media sosial atau konten yang ditulis dengan benar, Anda dapat menarik banyak calon konsumen tanpa harus meninggalkan rumah!


Hebatnya lagi, dengan memanfaatkan digital marketing Anda bisa menarik calon konsumen dari luar daerah. Hal ini memudahkan Anda untuk mengembangkan cakupan pasar yang lebih luas mulai dari luar kota, provinsi bahkan luar negeri. Bahkan Anda bisa melakukannya tanpa harus menyetok sendiri, misalnya sebagai distributor barang-barang tradisional yang diekspor ke pembeli atau kios di luar negeri.


3. Sangat mudah beradaptasi dengan tren pemasaran baru


Sejak dunia memasuki era digital, masyarakat semakin mudah mengikuti berbagai tren. Produk digital seperti media sosial, situs video, dan streaming langsung menyebarkan berbagai tren dalam musik, film, meme, tantangan, dll. Semua ini memberi Anda peluang besar untuk beriklan secara luas dan menjangkau calon konsumen yang suka mengikuti tren digital.


Berbagai cara pemasaran juga menggunakan tren pemasaran digital dan mulai bermunculan dengan cepat, seperti email marketing, blog dengan konten dan tren menarik atau bahkan menggunakan “orang biasa” sebagai model, video animasi kreatif, meme iklan, akun bisnis dengan personal atau lucu. konten bahasa dan video. Jika Anda mengadopsi, akan sangat mudah bagi Anda untuk mendapatkan informasi tentang tren baru dan sekaligus mengadopsinya. Tujuan lain dari penerapan metode pemasaran digital adalah untuk meningkatkan penjualan


baca juga informasi gadai bpkb mobil untuk keperluan mendesak